'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
‘Aisyiyah Kota Tegal Tandatangani MoU dengan Bank Jateng tentang Penyaluran Dana untuk UMKM
25 November 2016 21:49 WIB | dibaca 668

        Ketua PDA Kota Tegal (paling kiri) bersama Walikota Tegal dan Kepala Bank Jateng Cab. Kota Tegal (ketiga dan keempat dari kiri) 

Hari Kamis, 24 November 2016, bertempat di Ruang Pertemuan Bank Jateng, dilakukan  penandatanganan MoU antara Bank Jateng dengan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Tegal tentang penyaluran dana untuk UMKM. Selain ‘Aisyiyah, penandatanganan dilakukan juga oleh Forum Silaturahmi Majlis Taklim, Pimpinan Cabang Muslimat NU dan Disperindag Koperasi dan UMKM Kota Tegal. Acara ini dihadiri oleh Walikota Tegal, Asisten Dua, Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah se Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala Bank Jateng Cabang Kota Tegal Moh. Ilyas, SE, MM. menyampaikan bahwa dana yang dicairkan ada dua macam, yaitu 1) Mitra 02 dengan sistem kelompok. Satu kelompok minimal 5 orang dan maksimal 50 orang. Jadi setiap kelompok bisa mendapatkan dana Rp 100.000.000,- karena setiap orang akan mendapat Rp. 2.000.000,-. Dengan suku bunga 2% yang akan dikembalikan kepada kelompok. Mitra 02 ini hanya untuk kelompok-kelompok yang belum mempunyai usaha, baru mempunyai potensi. 2) Mitra 25. Untuk yang sudah berkembang, yaitu Rp. 25.000.000,- tanpa agunan dengan suku bunga 7%. Beliau melanjutkan bahwa Program mitra 02 dan mitra 25 untuk UMKM adalah dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kota Tegal.

Pada kesempatan ini Ibu Hj. Dewi Umaroh, S.Psi, selaku Ketua PDA Kota Tegal yang mewakili Aisyiyah dalam  penandatanganan MoU dengan pihak Bank Jateng. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Walikota Tegal KMT. Hj. Siti Masita Soeparno.

Walikota Tegal dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bank Jateng karena program mitra 02 dan mitra 25 merupakan inovasi dan terobosan yang luar biasa karena tidak semua bank mempunyai motivasi dan keberanian memberikan dana tanpa jaminan pada masyarakat. Beliau mengharapkan bahwa ini akan betul-betul digunakan sebagai modal usaha dan tidak untuk keperluan yang lain. Kota Tegal mempunyai potensi UMKM yang luar biasa, ini yang akan menjadi branding Kota Tegal. Dengan semakin berkembangnya UMKM, ke depan warga Kota Tegal akan menjadi sejahtera dan tambah sejahtera lagi sehingga Kota Tegal semakin keminclong, demikian Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masita Soeparno menutup sambutannya.

Ketua PDA Kota Tegal mengharapkan anggota Aisyiyah turut berperan menjadi pelaku dalam kebangkitan UMKM di Kota Tegal. Sudah terkumpul 200 orang anggota Aisyiyah baik dari ranting maupun BSA yang terbagi dalam 8 kelompok, diharapkan dalam waktu dekat akan menjadi 400 orang anggota Aisyiyah yang terlibat dalam program mitra 02 Bank Jateng, sehingga ke depan warga Aisyiyah menjadi semakin sejahtera. 

Shared Post: