'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
BSA SUMURPANGGANG PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK KRESEK MENJADI BUNGA MAWAR
07 April 2019 18:45 WIB | dibaca 129

Ahad, 7 April 2019 Pukul 15.30 bertemat di rumah Ibu Sanaliyah, BSA Sumurpanggang mengadakan pertemuan rutin seperti bulannya. Kegiatan kali ini dibuka oleh MC yaitu Ibu Masiroh, yang kemudian dilanjut sambutan oleh Ketua BSA Sumurpanggang yaitu Ibu Imas Kodariyah, beliau menyampaikan," Kami ucapkan terima kasih dan bangga kepada anggota dan kader kader BSA Sumurpanggang yang selalu aktif dan antusias setiap pertemuan BSA, karena ibu ibu sudah memiliki kesadaran sendiri bahwa kegiatan BSA membawa manfaat untuk diri sendiri, keluarga dan Lingkungan". 

Ibu Harti selaku Narasumber pada kegiatan ini menyapaikan kepada seluruh anggota dan kader BSA yang hadir, bahwa libah plastik sebenernya mampu kita olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika cukup tinggi jika kita bisa berdmai dengannya. Narasumber menyampaikan, bahwa untuk pengolahan limbah kresek ini perlu bahan pendamping, dimana bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut : Plastik kresek tebal, kawat dan lem. Kemudia Narasumber menjelaskan proses pembuatannya, dengan uraian pengolahan sebagai berikut :

  1. Bahan disiapkan terlebih dahulu
  2. Plastik kresek disetrika dengan cara plastik disimpan dibawah sebuah bahan (bisa kain perca disesuaikan dengan ukuran kresek), lalu disetrika hingga berkerut - kerut namun tida sampai sobek.
  3. selanjutnya, plastik kresek tersbut di potong/digunting sesuai dengan yang dibuuhkan untuk bunga mawar, yang disesuaikan akan membuat dalam bentuk kecil atau besar.
  4. Kemudian ambil kawat dan bungkus kawat tersebut sampai kawat tidak terlihat
  5. Terakhirr kresek diputar di kawat tersebut sampai membentuk bunga mawar.

Mudahnya pembuatan kerajinan tersbut sehngga bisa membuat siapapun membuatnya, jika memiliki ketekunan dan adanya inovasi dari pengolahannya, tentunya jika dikembangkan dan dierdagangan akan memiliki nilai jual pula. (LNH)

Shared Post: