'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
EDUKASI GIZI DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI BSA LIBANON
04 Mei 2019 13:19 WIB | dibaca 129

Jumat, 3 Mei 2019 pukul 15.30 WIB bertempat di TK ABA XIII Jl. Moh. Toha Kelurahan Bandung, Tegal Selatan. Pertemuan rutinan BSA Libanon pada kali ini dihadiri oleh 18 orang. Hj.Rizanatin selaku ketua BSA Libanon memberikan sedikit arahan serta masukan kepada para kader dan anggota BSA Libanon, bahwa tujuan BSA yang telah lama dirintis adalah untuk mengetahui berbagai keluhan dari para Ibu-ibu muda dan tua tentang berbagai masalah kesehatan. Kemudian mudah-mudahan dengan kerjasama antara Puskesmas dengan ibu kader BSA Libanon dapat menambah ilmu yang bermanfaat untuk dikemudian hari. 

Selanjutnya  Ibu Winda dari Puskesmas Bandung beliau memberikan materi tentang “Edukasi Gizi dalam Persepektif Islam”. Beliau menyampaikan bahwa dalam QS. Albaqarah : 168 menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan halal dan bergizi sudah diperintahkan oleh Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Keluarga yang peduli pada kesehatan anak akan selalu menyediakan makanan yang sehat, halal, dan bergizi. Karena hal ini dapat mencegah banyak persoalan lebih serius dimasa mendatang.

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat guzu dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keaneragaman atau variasi makanan, aktifitas fisik, keberhasilan dan berat badan ideal. Syarat makanan sehat adalah protein yang dikonsumsi harus mengandung asam amino, harus cukup mengandung kalori, harus cukup mengandung vitamin, harus cukup mengandung mineral dan air, serta perbandingan yang baik antara sumber karbohidrat, protein dan lemak. Selain syarat diatas agar memberikan kesehatan bagi tubuh, sebaiknya juga harus mudah dicerna oleh pencernaan, tidak mengandung bibit penyakit, tidak berlebihan, tidak terlalu panas saat disantap dan terakhir adalah rasanya enak dan masih segar. Kemudian pesan gizi seimbang adalah syukuri dan nikmati aneka ragam makanan, banyak memakan sayur dan buah-buahan, konsumsi lauk pauk berprotein tinggi, konsumsi aneka ragam makanan pokok dan batasi makanan manis, asin, dan berlemak.

Inti dari pertemuan adalah bahwa tubuh kita memerlukan 7 jenis nutrisi setiap harinya supaya tidak gampang terkena penyakit. Nutrisi yang diperlukan antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serat tumbuhan dan air. Kalau semua nutrisi tersebut terpenuhi, insya Allah semua anak dan keluarga kita akan senantiasa sehat serta bahagia. 

Shared Post: