'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LAUCHING KELURAHAN SIAGA TBC DI KOTA TEGAL, ‘AISYIYAH LAKUKAN MOU DENGAN LURAH RANDUGUNTING DAN LURAH PANGGUNG
25 November 2020 11:38 WIB | dibaca 52

            Kelurahan Panggung dan Randugunting dipilih oleh ‘Aisyiyah sebagai lokasi pilot project Kelurahan Siaga untuk program penanggulangan tuberculosis.Launching Program di kedua kelurahan tersebut telah dilaksanakan pada 14 November 2020secara serentak bertempat di Pendopo masing-masing Kelurahan. Program Kelurahan Siaga TBC merupakanexit strategydari Round-New Implementation Periode SSR TBC-HIV CARE‘Aisyiyahyang akan selesai pada31 Desember 2020. Kelurahan Siaga tersebut akan menjadi stimulan program yang terinternalisasi pada Gerakan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS) di tingkat Kelurahan.

Launchingdi Kelurahan Panggung dihadiri oleh Ibu Dewi Umaroh, S.Psi. M.H. selaku ketua Pimpinan Daerah‘Aisyiyah Kota Tegal, Camat Tegal TimurBapak Dorres Indrian Nugroho, S.STP, MSi., Lurah Panggung Bapak Aminudin Suseno, SH., MH. danKader TBC.  “Lauching ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk bersinergi menangani TB,” demikian disampaikan olehBapak Aminudin Suseno, SH, MH. Dalam sambutannyaCamat Tegal Timur Bapak Dorres Indrian Nugroho, S.STP, MSi. menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadaKelurahan Panggung, harapan beliau adanya program tersebut dapat membantu dalam mengedukasi bahaya TB. Sementara itu Ketua ‘Aisyiyah Kota Tegal menyampaikan, “Acara launching kelurahan siaga hari ini diadakan serentak se-Jawa Tengah, Kelurahan Siaga TBC adalah merupakan upaya memberdayakan masyarakat dan komunitas serta pemangku kepentingan yang terkaituntuk meningkatkan kesadaran dan perhatian pada TBC.”

Launching di Kelurahan Randugunting dihadiri oleh  Ibu Hatmi Sulistiatiselaku Kepala SSR TB ‘Aisyiyah Kota Tegal, Ibu Nurlaila selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah‘Aisyiyah Kota Tegal, Lurah Randugunting Bapak Dian Andrianto, Kepala Puskesmas Randugunting Bapak dr. Hartono, LPMK Randugunting Bapak Agus dan Kader TBC. Dalam sambutannya Kepala Kelurahan Randugunting, Bapak Dian Andrianto menyampaikan, bahwa beliau mendukung Kelurahan SiagaTBCini,harapannyaprogramini nantinya akan mampu mengeliminasi TBC sesuai yang diprogramkan pemerintah. Beliau juga menyampaikan bahwa, saat ini Kelurahan Randugunting menduduki peringkat pertama dalam pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu peran aktif seluruh elemen perlu ditingkatkan kepeduliannya dalam pemberantasan penyakit khususnya di kelurahan Randugunting.

            Launching Kelurahan Siaga TBC ini ditandai denganpenandatanganan MoU antara Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dengan Lurah keduaKelurahan tersebutdan penandatanganankomitmen bersama dalam penanggulangan TBC.

Shared Post: