'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PERSIAPKAN PROGRAM MANDIRI TBC-HIV, PD ‘AISYIYAH KOTA TEGAL ADAKAN PELATIHAN KADER UNTUK PERSYARIKATAN DAN KADER DAERAH
25 November 2020 11:40 WIB | dibaca 48

Setelah perjalanan selama empat tahun memberantas TBC-HIV di Kota Tegal, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Tegal memasuki fase akhir program kemitraan dan bertekad  melanjutkan program tersebut secara mandiri.Banyak upaya yang telah dilakukan oleh PD ‘Aisyiyah Kota Tegal selama menjalankan amanah kemitraan program tersebut, dimulai saat penyusunan kebijakan, regulasi karyawan, pelaporan, pencarian suspect hingga kegiatan yang melibatkan banyak pihak dalam pencegahan TBC – HIV di Kota Tegal. Stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan program ini tidak hanya dari Dinas Kesehatan saja, namunmelibatkan juga kelurahan, kecamatan, puskesmas dan klinik ‘Aisyiyah. Diluar pemangku kebijakan yang disebutkantadi, PD ‘Aisyiyah bersama Tim SSR TB HIV Aisyiyah juga memiliki partner dalam pencariansuspect, yang disebut dengan Kader. Kader TBC – HIV ini tidak serta merta melaksanakan tugas lapangan, namun telah melalui pembinaan dan pendampingan yang dilaksanakan secara berkala oleh PD ‘Aisyiyah Kota Tegal dan SSR TBC – HIV ‘Aisyiyah.

Tepatpada 6 – 7 November 2020 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal, PD ‘Aisyiyah Kota Tegal dan SSR TBC – HIV ‘Aisyiyah melaksanakan agenda Pelatihan Kader. Pelaksanaan pelatihan kader dilatarbelakangi oleh perlunya persiapan penanggulangan TBC secara mandiri.Peserta yang hadir tidak hanya dari unsur kader daerah saja namun melibatkan ortom Muhammadiyah pula, mulai dari IPM, IMM, Nasyiatul Aisyiyah dan Pemuda Muhammadiyah. Dalampembukaan kegiatan tersebut, ibu Hatmi Sulistiati selaku Kepala SSR TBC – HIV ‘Aisyiyah menyampaikan, bahwa harapan dari kegiatan pelatihan iniadalah :pertama untuk mendapatkan kader dari persyarikatan Muhammadiyah dan penyegaran terhadap kader daerah program,  kedua memupuk silaturahmi kader persyarikatan dan kader lama, danharapan ke tiga adalah terlibatnya kader Muhammadiyah secaralebih besar pada penanggulangan TBC di Kota Tegal.”

Kegiatan yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan, PD ‘Aisyiyah Kota Tegal, dan Klinik Pratama ‘Aisyiyah Kota Tegal ini mendapat apresiasi yang positifdari berbagai pihak, karena dengan adanya pelatihan kader, kedepannya ‘Aisyiyah mampu meningkatkan keterlibatannyadalam penanggulangan bahkan pemberantasan TBC di Kota Tegal pada khususnya, dan menurunkan angka penderita TBC secara nasional. Menjadi harapan bersama pula, pelatihan kader inidapat menjadi permulaan yang baik bagi ‘Aisyiyah untuk melaksanakan Program TBC – HIV secara mandiri, tentunya diiringi dengan semangat kolaborasi kader – kader di lapangan.

Shared Post: