'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
QORYAH THOYYIBAH : MAJ. KESEJAHTERAAN SOSIAL BERIKAN MATERI "BAGAIMANA CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK" DI BSA MUARAREJA
22 Februari 2019 12:21 WIB | dibaca 104

Rabu, 20 Februari 2019 pukul 10.00 bertempat di rumah Ibu Sakilah RT.02 RW.05 Muarareja. Ibu Imas menjelaskan tentang “Bagaimana cara mendidik anak yang baik”. Anak adalah harta yang paling berharga bagi orang tua, dan baik buruk nya anak juga melihat dari cara mendidik orang tua tersebut. Contohnya dalam memberi nama pada anak, harus diberikan nama yang baik, mengandung arti yang baik menurut Islam, karena nama adalah sebuah doa untuk anak tersebut. Cara mendidik anak diusia emas antara 1-5 tahun sebagai berikut

1.      Berbicara harus dengan lemah lembut.

2.      Menjadi pendengar yang baik untuk anak, jika anak mendapat masalah atau mengeluh maka orang tua harus memberikan dukungan.

3.      Bangun kreatifitas dan main bersama.

4.      Hindari dalam menggunakan kata ‘Jangan’ dapat mencari kata lainnya seperti ‘alangkah lebih baiknya’ atau kata lainnya.

5.      Menjadi panutan dan idola untuk anak

6.      Memberikan rasa kenyamanan

7.      Tunjukkan sikap menghormati kepada orang tua atau saudara

8.      Ajarkan rasa tanggung jawab

9.      Ajarkan untuk meminta maaf

10.    Jangan menakuti anak dengan berkata keras dan mengancam

11.    Ajarkan keterbukaan pada anak

Oleh karena itu, betapa pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak, supaya dapat menjadi anak yang baik, berbakti, kepada orang tua baik agama, nusa dan bangsa. Terima kasih ibu-ibu yang sudah bersedia sharing tentang cara mengasuh anak diusia emas.

Shared Post: