'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TIDAK HANYA BERFOKUS PADA SOSIALISASI PEMILU, TIM PROGRAM MAMPU AJAK BSA MARGADANA LEBIH MENGENAL ALAT PERAGA KAMPANYE YANG SESUAI
14 Maret 2019 12:29 WIB | dibaca 119

Rabu, 13 Maret 2019 pukul 16.00 bertempat di Ibu Tarisi RT.01 RW.02 Margadana. Pemilu yang mempunyai asas LUBER (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia) serta JURDIL (Jujur dan Adil). Pada saat pemilihan kita membawa C6 yang akan diantarkan ke rumah masing-masing dan membawa E-KTP, bagi Ibu-ibu yang mempunyai keluarga yang sudah 17 tahun dan tinggal di luar kota dapat meminta A5 untuk dapat menggunakan hak pilihnya, jangan sampai kita termasuk orang yang golput.

Surat suara yang akan kita pilih pada tanggal 17 April 2019 ada 5 kertas yaitu (1) Warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden. (2) Warna kuning untuk DPR RI. (3) DPD Jateng berwarna merah. (4) DPR Provinsi berwarna biru, dan (5) DPR Kota/Kabupaten berwarna hijau.

Menurut UU KPU RI No.11 Tahun 2019 menjelaskan bahwa metode kampanye sebagai berikut. (1) Pertemuan terbatas. (2) Pertemuan tatap muka. (3) Penyebaran bahan kampanye. (4) Pemasangan alat peraga. (5) Media sosial. (6) Iklan melalui media elektronik maupun media jejaring. (7) Rapat umum. (8) Kegiatan yang tidak melanggar kampanye seperti kegiatan jalan santai/sepeda santai, kegiatan kebudayaan (pentas seni, konser musik), perlombaan, mobil milik pribadi/berlogo partai, kegiatan sosial.

Kegiatan kampanye yang dilarang seperti yang diatur pasal 280 diantaranya (1) Pelaksanaan pemilu dilarang menghasut dan mengadu domba perseorangan maupun masyarakat. (2) Menunggu ketertiban umum. (3) Mengancam dan melakukan kekerasan. (4) Merusak atau menghilangkan alat kampanye. (5) Menggunakan fasilitas umum, pemerintahan, tempat ibadah, tempat pendidikan. (6) Membawa tanda gambar/atribut selain dari tanda gambar/atribut peserta pemilu yang bersangkutan.

Spesifikasi dalam kampanye antara lain (1) Brosur posisi terbuka ukuran max. 21 cm x 29,7 cm. (2) Pamflet dengan ukuran max. 21 cm x 29,7 cm. (3) Poster dengan kuran max. 40 cm x 60 cm. (4) Stiker dengan ukuran max. 10 cm x 20 cm. (5) Baliho. (6) Spanduk.

Dalam berkampanye juga harus ada tata tertib. Dilarang memasang atribut kampanye di jalan protokol seperti (1) Jl. Ar. Hakim. (2) Jl. Ahmad Yani. (3) Jl. Sultan Agung. (4) Jl. Veteran. (5) Jl. Kartini. (6) Jl. Jend. Sudirman.

Acara selanjutnya sambutan dari ketua BSA ibu Ita Tanyem yang menyampaikan rencana pada hari Jumat pukul 14.00 akan diadakan pertemuan pembentukan BSA Margadana 2 untuk perdana kalinya yang bertempat di rumah Ibu Ita. Kemudian Ibu Ita juga menyampaikan hasil rapat konsolidasi bulanan yang kemarin diadakan diantaranya (1) Pendidikan Politik. (2) Rumah Gizi. (3) Pelatihan Hydroponik. (4) Pelatihan sosial media yang akan dilaksanakan pada 24 Maret 2019. (5) Tim Palliative atau pendampingan bagi pasien kanker serviks maupun kanker payudara.

Kemudian Ibu Warningsih menambahkan bahwa jika nanti ada BSA Margadana 2 maka anggota BSA Margadana 1 akan siap membantu, agar berjalan berdampingan dan selalu maju bersama seiring berjalannya waktu dan kompak selalu.

Shared Post: