'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Waspadai Penyakit Pasca Banjir
30 Maret 2017 23:36 WIB | dibaca 618

Kepala Klinik Pratama ‘Aisyiyah ”Siti Hajar” Kota Tegal, dr. Endang Safitri Nasution, mengingatkan masyarakat khususnya warga ‘Aisyiyah Kota Tegal untuk mewaspadai beragam penyakit yang berpotensi timbul pasca terjadi banjir.

Hal tersebut disampaikan dr. Endang  saat menjadi pembicara dalam acara pertemuan Balai Sakinah ‘Aisyiyah (BSA) Waringin, Sabtu (11/3) di Masjid Abdullah Ashari Waringin.

 

dr. Endang menyampaikan bahwa kondisi lingkungan pasca banjir berpotensi menimbulkan beberapa penyakit. Dan penyakit pasca banjir adalah berbagai penyakit yang jumlah kasusnya akan meningkat setelah banjir dan musim penghujan. Beberapa penyakit tersebut disebarkan melalui bermacam faktor  yaitu yang menyebar melalui makanan dan minuman, nyamuk dan tikus.

 

Menurut dr. Endang, beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pasca banjir diantaranya : diare, demam berdarah, leptospirosis, penyakit kulit dan ISPA.

Untuk penyakit diare dr. Endang menjelaskan bahwa, diare yang terjadi biasanya disebabkan oleh kebersihan yang tidak terjaga pasca terjadi banjir sehingga menimbulkan kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Beliau juga menyampaikan bahwa langkah pencegahan yang perlu dilakukan pasca banjir adalah dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

Sedangkan untuk demam berdarah dan leptospirosis, dr. Endang menekankan untuk senantiasa membersihkan genangan-genangan air yang terjadi pasca banjir, karena tempat-tempat inilah yang berpotensi menimbulkan penyakit tersebut. Sedangkan langkah-langkah yang bisa dilakukan, yakni dengan menguras tempat penampungan air, menutup atau membersihkan tempat genangan-genangan air, dan mengubur barang-barang yang berpotensi terjadi genangan air, seperti kaleng dan ember bekas.

 

Sementara itu, senada dengan dr. Endang, Koordinator Kader Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) Waringin, Chasanah, juga menyampaikan  akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, apalagi setelah beberapa saat yang lalu, di beberapa wilayah Kota Tegal di genangi banjir, termasuk diantaranya wilayah Waringin Kota Tegal.(Aas)

Shared Post: